Home / Komunitas / 3 Tahun Melangkah Bersama

3 Tahun Melangkah Bersama

Sejak memutuskan untuk pulang ke Sinjai beberapa tahun lalu, ada perasaan berat  yang mengganjal di hati. Meninggalkan Makassar dan meninggalkan teman-teman di komunitas Blogger Makassar.  Mereka yang saya anggap keluarga selama menjadi perantauan di Makassar. Mereka yang membuat hidup ini menjadi lebih berwarna. Dan pada akhirnya saya harus belajar untuk menerima kenyataan bahwa hidup itu selalu penuh dengan pilihan.

Mulai membiasakan diri untuk menjalani hari-hari dengan suasana baru. Mencari dan bergaul dengan teman-teman lama. Perlahan mulai menikmati ritmenya. Saya mulai betah di Sinjai. Dan rutinitas setiap Jumat sore ke Makassar mulai berkurang.

Saya lupa kapan persisnya mulai bergabung di Relawan TIK Sinjai dan KPLI Sinjai.  Setidaknya saya kembali berkomunitas lagi. Meski tak seaktif sewaktu di Makassar. Kadarnya agak sedikit berkurang. Mungkin karena belum terlalu akrab dengan lainnya. Di antara mereka, hanya mengenal tiga orang saja. Enal, Takdir dan Cedi. Dan mereka-mereka inilah yang menceburkan saya ke komunitas yang ada di Sinjai. Saya seperti orang asing di tengah orang-orang baru dan lebih muda. *belagaktuwapadahalmemangsudahtuwa*

Sejatinya komunitas adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan hobi. KPLI adalah komunitas kelompok pengguna linux. Lha….saya saja bukan pengguna linux dan bukan fanatik linux. Bahkan saya termasuk orang yang sering nyinyir melihat fansnya linux terlalu mengganggap remeh para pemakai windows. Tapi karena raga sudah haus akan kehangatan sebuah komunitas, akhirnya saya melupakan semua itu. Yang penting kumpul-kumpulnya.

kbs1

Komunitas di Sinjai, orangnya itu-itu saja. 4L alias lu lagi lu lagi. Suatu waktu saya pernah bertanya pada salah satu teman saya tentang tentang keberadaan komunitas blogger di Sinjai. Dan teman saya bilang, sebenarnya ada tapi mereka belum memperkenalkan dirinya. Dan kelompok blogger itu lebih ke dunia blog for monetize. Karena sejak awal mereka terbentuk sudah berkiblat ke dunia blog yang menghasilkan dollar. Tak lama saya mendapat kabar kalau Komunitas Blogger Sinjai sudah terbentuk secara resmi. Namun saat peresmiannya, saya tidak sempat hadir.

Waktu berjalan, akhirnya tahun 2013 Sinjai ditunjuk sebagai tuan rumah Festival TIK Sulawesi Selatan. Tugas berat untuk sebuah komunitas yang masih baru. Fikiran dan tenaga dikerahkan semua untuk suksesnya event tersebut.  Semua komunitas yang ada di bawah naungan Relawan TIK Sinjai berkolaborasi. Beruntung Sinjai memiliki pemuda dan pemudi yang mau bekerja. Sejak saat itu saya mulai mengenal dengan penggiat-penggiat di Komunitas Blogger Sinjai.

Harus saya akui, saya tak serta merta langsung akrab dengan mereka. Butuh proses yang panjang. Tapi saya selalu berusaha untuk mengakrabkan diri. Dan sedikit demi sedikit memberi masukan tentang bagaimana memperkenalkan komunitasnya dengan komunitas blogger lainnya yang ada di luar. Juga sedikit mengkritik bahwa blog itu tak hanya SEO 🙂 atau mungkin saya sirik karena tidak mengenal SEO-SEOan.

Seperti dengan komunitas lainnya, pun KBS mulai kehilangan penggiatnya satu persatu. Ada yang pergi karena sudah tamat SMA dan melanjutkan kuliah ke Makassar. Ada yang sudah menikah dan ikut pindah dengan pasangannya. Hingga hanya tersisa segelintir penggiat yang membesarkan dan mempertahankan KBS. Bahkan sempat vakum dan tidak ada kegiatan sama sekali. Saya tidak pernah terlibat jauh soal kepengurusan di KBS. Hanya memantau dan bahkan hari jadinya saja tidak pernah saya ingat.

Sebuah notifikasi di Facebook yang memberitahukan kalau hari ini tanggal dua puluh delapan april, KBS berulang tahun yang ketiga. Selamat hari jadi Komunitas Blogger Sinjai, tetaplah bertahan dan akan selalu ada hingga tahun-tahun mendatang. Buatlah Sinjai dikenal karena tulisan-tulisan keren dari bloggernya. Dan jangan pernah bosan untuk menuliskan keindahan Sinjai.

Semoga di tahun ketiga ini KBS semakin melebarkan sayapnya untuk mengenalkan blog di bumi panrita kitta yang tercinta ini. Sinjai maju….pada idi’pa na jaji 🙂

kbs

About Ira Puspita

Check Also

MozKopdar: Berbuka Puasa Bareng Mozillians di Sinjai

Sebuah pesan di kotak messenger yang datang dari Rara, mengabarkan kalau mulai awal bulan Juni …

5 comments

  1. wwwwaaahhh keren sinjai nge Blog !!

  2. Makasi kakak??? maaf vakum dengan kegiatan karena sibuk sendiri2 kanda, saya skrg sibuk nyari kerjaan, serta bikin batu akik,,, jiakhahahahaha mau saya tulis juga belum sempat krena leptop sudah rusak, mau beli tapi blm cukup rejeki, jadinya nebeng ajch terus,,, hidup memeang keras kakak, jadinya saya harus berusaha keras untuk cari rejeki,, jarang mampale sama orang tua,, hheheheheheheh keep blogging kak ira…

  3. Blogger sinjai juga makin banyak nih, kapan yah gowa juga ada blogger lainnya
    Salam buat blogger sinjai semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =