Home / Komunitas / 7 Tahun AngingMammiri

7 Tahun AngingMammiri

25 November adalah hari yang paling bersejarah dan istimewa untuk Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri. Dan tahun ini genap 7 tahun AngingMammiri menapaki pasang surutnya dunia komunitas. Ibaratnya manusia, usia 7 tahun adalah usia yang akan memasuki tahun ajaran baru di bangku SD. Masih panjang perjalanan yang akan dilalui dan masih perlu banyak belajar untuk menghadapi hari-hari yang akan dilalui bersama.

#7ThnAMTetapi dalam dunia komunitas, 7 tahun adalah usia yang sudah cukup dewasa. Tentunya tak lepas dari peran anggota-anggotanya yang selalu punya semangat untuk membesarkan nama AngingMammiri dengan kegiatan-kegiatan positifnya.

Pertama kali saya bergabung di AM tahun 2006 akhir. Meski tidak ikut andil di awal kelahiran AngingMammiri, tetapi tidak pernah menyesal telah menceburkan diri ke dalamnya. Mulai mengenal blog sejak jaman friendster. Tak lama kemudian pindah ke blogspot. Dari situlah semua bermula. Suatu waktu ketika sedang asyik berselancar di warnet, saya iseng mengetikkan “blogger makassar” di kolom mesin pencari. Ahay…menemukan link mailing list Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri. Tanpa pikir panjang, saya memutuskan untuk bergabung.

Sambutan hangat mewarnai perkenalan dengannya. Kesan pertama, komunitas ini kocak, rame dan hangat. Aura pertemanan yang akrab dapat saya rasakan sejak awal pertama kali bergabung di komunitas ini. Ternyata dunia  sangatlah kecil, teman-teman saya dari MIRC dan Bugis Makassar Yahoo Messenger Grup juga ada di mailing list itu. Saya semakin semangat karena tidak susah untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan mereka.

Kopdar perdana yang saya ikuti, tepat saat ulang tahun Blogfam yang ketiga. Lalu berlanjut dengan kopdar karaoke. Mulai menikmati ritmenya, pun ketagihan untuk selalu ikut kopdar setiap kali diadakan. AngingMammiri tempatnya orang-orang hebat. Orang-orang yang mempunyai talenta dan tidak pernah kehabisan stok ide kreatif. Dari AngingMammiri saya belajar berkomunitas. Karena namanya komunitas blogger, maka dari AngingMammiri saya belajar sedikit demi sedikit tentang bagaimana menjadi blogger yang bisa menulis dengan baik, meskipun sampai sekarang saya belum juga lulus menjadi penulis yang baik. Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan, yang tidak pernah saya dapatkan dari luar. Pun itu bangku sekolah ataupun bangku kuliah.

unnamedAngingMammiri adalah komunitas pertama yang bersedia menampung saya dengan tangan terbuka. Saya bangga bisa menjadi bagian dari komunitas ini. Dalam perjalanannya, tidak terhitung berapa banyak air mata yang tertumpah, canda tawa yang membahana, serta cerita-cerita absurd yang mewarnainya. Segala macam suasana telah terlewati. Semua fasih melakonkan setiap peranan dalam sebuah drama yang tidak pernah ada judulnya. Tak dapat dipungkiri, dalam suatu organisasi atau komunitas pastilah ada beda pendapat. Konflik sekalipun. Tapi semua dapat diselesaikan dengan baik.

Meski satu-persatu mulai meninggalkan Makassar untuk menata hidupnya dan tenggelam dalam kesibukannya. Tetapi ada rasa yang tidak bisa memisahkan. Persaudaraan berperan di dalamnya. Di AngingMammiri selalu ada bahu untuk bersandar dan selalu ada teman untuk melangkah. Selalu ada kejutan dan keajaiban dengan rasa campur aduk yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Semuanya bercampur menjadi satu. Dan yang paling penting “selalu ada hot gosip yang up to date dan jika dilewatkan maka akan sangat merugi” *lirik kanan kiri*

Ngumpul-ngumpul tak selalu hanya ditandai dengan kopdar semata atau membuang waktu percuma. Selalu berbagi adalah yang utama. Menebarkan virus blog ke segala penjuru. Itu adalah sebagian kecil kegiatan dari AngingMammiri. Tak terhitung sudah berapa banyak kegiatan positif yang tercipta. Semata-mata tujuannya hanya untuk berbagi. Dari modal belajar berkomunitas di AngingMammiri yang saya bawa pulang  dan terapkan pada Komunitas-Komunitas yang saya ikuti di Sinjai.

Saya adalah orang yang paling takut berbicara di depan umum, itu penyakit saya sejak dulu kala. Selalu grogi dan takut salah. Pernah suatu waktu di Sinjai diadakan pelatihan Internet dan Social Media. Saya didaulat menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut. Teman-teman di Sinjai menunjuk saya karena tahu saya adalah pentolan Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri. Mereka tahunya, AngingMammiri itu komunitas serba bisa. Keringat dingin mengucur kala itu, karena nama AM yang dibawa- bawa. Akhirnya saya terima tantangan itu. Sebelum hari H, saya kerap berlatih sendiri dan juga banyak bertanya ke daeng Ipul. Bagaimana membawa materi dan seperti apa kata-kata pertama yang harus saya ucapkan. Dan beberapa pertanyaan tentang bagaimana membawa materi dll.

Ternyata ketakutan dan kecemasan yang saya khawatirkan sejak awal, tidaklah menghambat saat membawakan materi tentang blog. Dengan modal percaya diri, saya berhasil membawakan materi dengan lancar. Semua karena ada teman-teman dari AM yang selalu menyemangati saya melalui linikala. Dari pengalaman membawa materi itu, saya selalu didaulat menjadi pemateri tentang social media dan blog setiap kali diadakan pelatihan di Sinjai. itulah yang saya maksud, pelajaran paling berharga yang saya dapatkan dari AM. Hal yang saya takuti tidak lagi menjadi bumerang tapi sudah menjadi candu.

Kini 7 tahun sudah AM berkiprah di dunia komunitas. Semoga AngingMammiri semakin solid dan tidak pernah pudar semangatnya untuk berbagi. Terima kasih untuk Rara karena telah melahirkan komunitas ini, terima kasih untuk daeng Ipul karena telah membesarkan AM sehingga namanya kian dikenal di mana-mana dan selamat datang ketua baru AM “kaka Made”.  Berharap banyak kepada ketua baru, semoga AM semakin berkibar. Tetap tangguh meski harus melewati kerikil-kerikil dan tantangan yang selalu siap menghantam. Saya yakin, sebesar apapun badai itu, jika kita bersatu semuanya tak akan ada artinya.

Selamat Ulang Tahun AngingMammiri…jangan berhenti di angka tujuh tetapi masih ada delapan, sembilan, sepuluh dan seribu tahun lagi. Sukses untuk Angingmammiri dan sukses untuk kita semua.

cats

About Ira Puspita

Check Also

#FOSSASIA 2015 Singapore

Apa itu FOSS Asia? FOSS Asia adalah event free open source software. Pertemuannya para developer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − five =