Home / Komunitas / #FOSSASIA 2015 : Hello Singapore!

#FOSSASIA 2015 : Hello Singapore!

Jika sudah takdir yang berbicara, maka takkan ada yang mampu melawannya. Sejak bulan desember, rencana untuk mengikuti FOSSASIA memang sudah ada. Tapi saya sangsi untuk bisa mengikutinya. Melihat kondisi saya yang sangat tidak memungkinkan untuk bepergian jauh. Banyak hal yang membuat saya meragu. Tapi Rara lah yang berperan mengatur semuanya. Dan akhirnya saya berada di sini. Singapura!

FOSSASIA adalah event tahunan untuk developer, start-up, dan kontributor di Asia dalam memanfaatkan teknologi Open Source. Sebelumnya event tahunan ini dilaksanakan di Kamboja dan Vietnam. Saya mengikuti event ini bukan karena saya developer, tetapi lebih kepada ada Mozilla yang menjadi sponsor di event tersebut. Sejak beberapa tahun lalu, saya aktif di berbagai event Mozilla. Membantu setiap ada event yang melibatkan Mozilla. Itupun masih di area Sulawesi Selatan. Baru kali ini saya melangkah jauh di event International.

Singapore

Tepat pukul 14.35 waktu setempat, pesawat Tiger Air mendarat mulus di Changi International Airport. Perjalanan yang sangat melelahkan. Sejak subuh berangkat dari rumah untuk mengejar flight paling pagi untuk ke Jakarta. Transit di Soeta lalu melanjutkan perjalanan ke Singapore.

Mozillian dari Indonesia berjumlah 5 orang, Saya, Rara, Nhie, Fauzan dan Yopie. Setelah melewati pemeriksaan di imigrasi, kami lantas menuju stasiun mrt. Sebelumnya kami top up dulu ezy link cardnya. Kartu inilah yang akan menemani hari-hari selama di Singapura. Ezy link cardnya dibawa Rara dari Jakarta makanya hanya top up dan gak perlu beli yang baru. Tapi Nhie yang kena sialnya. Kartunya sudah tidak dapat dipergunakan lagi, jadinya harus beli yang baru. Setelah semua beres, rombongan kami minus Yopie yang belum tiba dari Jakarta menuju hostel yang berada di Chinatown.

Chic Capsule Otel adalah hostel yang kami tempati selama lima hari di Singapura. Lokasinya dekat dari staisun MRT Chinatown,hanya berjalan sekitar 10 menitan. Kesan pertama “hostelnya cozy”. Lagian hanya dipakai untuk tidur dan mandi sudah sangat lumayan.  Overall review dari hostel ini lokasi 9/10, harga 6/10, fasilitas termasuk sarapan 8/10, kondisi dorm 8/10.

Sesuai dengan schedule #FOSSASIA hari pertama adalah  Pre event meetup sekaligus dinner. Setelah merasa segar dan istirahat sebentaran, kami lantas memulai petualangannya untuk menuju lokasi meet up. Kali ini rombongan kami bertambah dari teman-teman mozillian lainnya.

About Ira Puspita

Check Also

Farmhouse Susu Lembang : Sekadar Menuntaskan Rasa Penasaran

Farmhouse Susu Lembang adalah salah satu travel wishlist yang harus saya kunjungi selama berada di …

2 comments

  1. Nanggung mba e critane hehe.. lanjut doong. Semangat bloggingnya..
    Salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 13 =