Home / Journey / Itinerary Trip KL dan Singapore

Itinerary Trip KL dan Singapore

Ini kali pertama saya ke luar negeri. Dan negara pertama yang saya kunjungi adalah Malaysia dan dilanjutkan menuju Singapura. Girangnya tidak dapat terlukis dengan kata-kata. Bepergian ke luar negeri yang dulunya hanya mimpi, sekarang bisa terwujud. Ke luar negeri identik dengan biaya yang besar. Berat diongkos untuk ukuran saya. Tapi sekarang untuk ke luar negeri tidak harus dengan biaya besar, asalkan semuanya harus dilakukan secara mandiri. Harus melakukan sendiri semua perencanaan perjalanan termasuk mencari tahu tempat-tempat yang wajib untuk dikunjungi di negara tujuan. 2 bulan Sebelumnya saya sudah sibuk mencari tiket murah. Setiap hari mengunjungi website airlines. Mengubek-ubek om gugel untuk mencari informasi tentang tradisi dan kebiasaan negara yang akan saya kunjungi. 

paspor

Kami berangkat berlima. Yang biasanya kalau ada acara jalan-jalan kami hanya  berangkat berempat saja. Tapi kali ini kakak ipar teman saya berminat gabung dengan para jojoba. Jombloh-jombloh bahagia begitu kami menggelarinya. Sejak awal saya menyarankan agar perjalanan kami ini tanpa memakai jasa  travel agent. Agar bisa menikmati perjalanan dan serunya petualangan. Tapi teman-teman saya tidak ada yang setuju dengan alasan takut nyasar. Saya tidak bisa ngotot juga karna tidak ada yg mendukung. Terpaksalah saya mengalah daripada cari ribut. Meski memakai jasa travel agent, saya tetap sibuk menyusun itenarary untuk 2 negara tujuan kami. Saya tidak menyerahkan sepenuhnya kepada travel agent  untuk mengatur kemana saja kami berkunjung. Setelah ubek sana ubek sini, akhirnya disepakati itinerarynya.

Kami memilih paket liburan 5 hari 4 malam

Senin 14 Mei 2012

Berangkat dari Sultan Hasanuddin International Airport ke Kuala Lumpur via Air Asia dan travel agent menjemput di LCCT Airport KL kemudian transfer ke hotel

Selasa 15 Mei 2012 Kuala Lumpur City Tour

Sarapan pagi di hotel, tour pagi ini kita mulai dengan mengunjungi : Merdeka Square, King’s Palace, National Mosque, KL Tower dan juga akan melihat gedung tertinggi ke-3 di dunia : Twin Tower yang menjadi Icon dari negara Malaysia, Central Market, Butik Coklat Tongkat Ali yang terkenal di Malaysia, Batu Caves sebuah bukit kapur yang memiliki serangkaian goa dan kuil gua, Sungai Wang Plaza di daerah Bukit Bintang area perbelanjaaan Kuala Lumpur. Malamnya berangkat menuju Singapore via darat.

Rabu 16 Mei 2012  Singapore City Tour

Setiba nya di Singapore. Mengunjungi & Melewati Parlement House, Patung Singa (Merlion) yang menjadi lambang negara Singapore, China Town, Little India, The Esplanade, Boat Quay dan Istana Presiden, Singapore Gemfactory dan Mount Faber. Setelah city tour anda akan diajak kembali ke hotel untuk beristirahat & acara bebas

Kamis 17 Mei 2012 Universal Studio dan Pertunjukan Song of the Sea at Sentosa Island

Makan pagi di hotel.  Setelah makan pagi anda akan di ajak masuk ke dalam Universal Studios yang terkenal dengan wahana – wahana permainan yang menarik seperti : Sherk, Madagascar, The Lost World,  Far Far Away, Revenge of the Mummy, Treasure Hunters, dan lain-lain. Makan siang masing-masing di dalam Universal Studios Singapore. Malamnya diantar untuk menonton pertunjukan Song Of the Sea. Lalu kembali ke hotel.

Jumat 18 Mei 2012 

Acara bebas sampai tiba saatnya dijemput  dan selanjutnya transfer ke Changi Airport

 
Persiapan yang dilakukan sebelum berangkat
    • Siapkan segala dokumen, pastikan paspor masih berlaku  sampai 6 bulan kedepan. Jika kurang dari 6 bulan, maka paspor tersebut harus diperpanjang.
    • Scan dan foto copy paspor untuk menjaga segala kemungkinan terburuk yg akan terjadi.
    • Tukar uang tunai dengan mata uang  negara tujuan atau tukar ke dalam mata uang utama seperti dollar amerika. Tapi tetap siapkan mata uang lokal untuk pembayaran transportasi dll.
    • Gunakan fasilitas web check-in dan cetak sendiri boarding pass anda dari maskapai agar bisa menghemat waktu nantinya dan jika  ada bagasi, anda tinggal antri di loket tertentu untuk drop bagasi lalu membayar airport tax.
    • Usahakan tiba di bandara setidaknya satu jam sebelum keberangkatan. Agar tidak terburu-buru pada saat akan melakukan check-in (apabila tidak sempat web check-in)
    • Antri di loket Imigrasi, siapkan paspor dan boarding pass (pada saat saya berangkat petugas tidak memberikan form imigrasi yang berwarna putih itu) disinilah pertama kali paspor anda akan diberi cap stempel Imigrasi Indonesia.
    • Cek kembali boarding pass dan cari gate nomer pesawat yang anda akan tumpangi.
    • Didepan gate akan ada pemeriksaan barang bawaan. Kita tidak diperbolehkan membawa cairan lebih dari 100 ml ke dalam kabin pesawat.
    • Setelah itu silahkan menuju ruang tunggu untuk menanti keberangkatan pesawat yang akan membawa anda ke destinasi selanjutnya.

About Ira Puspita

Check Also

#TravelWork-Bandung 2016 : Akhirnya ke Tangkuban Parahu

Sudah berkali-kali ke Bandung, namun belum sekalipun mengunjungi Tangkuban Parahu. Tahun 2015 lalu, saya  ke …

9 comments

  1. serunya keluar negeri dgn biaya sendiri
    🙂

  2. *catat

    saya kodong belum pernahpi ke luar negeri 😀

  3. numpang lewat ya. Kalau mau jalan-jalan ke medan, or kalau mau wisata kinuler di medan, jangan lupa mampir di blog indrahalim.com ya di situs itu lengkap reviewnya tuk resto or kedai yg menyediakan makanan enak di medan.. thx!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 9 =