Home / Kuliner / Kuliner Unik di Sinjai Yang Wajib Kamu Cicipi

Kuliner Unik di Sinjai Yang Wajib Kamu Cicipi

Membahas kuliner seakan tak ada habisnya. Kuliner adalah salah satu magnet yang menarik seseorang untuk mengunjungi suatu daerah. Rasanya kurang afdol jika tidak mencoba makanan khasnya. Kalaupun tidak dapat mencicipi semuanya, paling tidak mencoba satu atau dua yang berhasil memuaskan rasa penasaran.

Sebagai penikmat kuliner, menjelajahi dan mencari makanan khas di manapun adalah sebuah keasyikan tersendiri. Makan bukan hanya soal rasa, tempat dan suasana menjadi menjadi daya tarik tersendiri. Pun begitu dengan Sinjai, selain kaya akan potensi wisata alam, Sinjai juga memiliki ragam kuliner unik yang rasanya top markotop.

Minas

Minas namanya merupakan minuman khas Sinjai yang mempunyai keunikan tersendiri. Sejarah tentang keberadaan Minas ini diperuntukkan sebagai minuman penyegar dan penghangat tubuh bagi nelayan yang turun melaut. Minuman dengan  rasa yang unik terbuat dari  tape singkong, susu, madu, telur, air kelapa dan beberapa racikan lainnya.

Di Sinjai, tempat yang terkenal sebagai produsen Minas terletak di daerah Bongki. Meskipun mudah dan praktis membuatnya, tapi rasanya berbeda dengan yang membeli langsung di produsennya. Karena menurut mereka ada resep rahasia yang tidak pernah dibagikan untuk umum. Rahasia inilah yang membuat racikan Minas buatan mereka mempunyai rasa tersendiri dan khas dari yang lain.

Untuk yang pertama kali mencoba minuman ini mungkin akan merasa aneh dengan rasanya. Tapi percayalah, setelah mencoba akan menjadi ketagihan. Ada sensasi tersendiri ketika meminumnya. Karena minas ini mempunyai efek yang luar biasa sehingga dipercaya sebagai minuman penambah stamina. Saya selalu merekomendasikan minuman ini setiap ada teman atau kerabat yang berkunjung pertama kali ke Sinjai. Rerata mereka merasa puas dan suka dengan rasanya yang aneh.

Laha’ Racci

Yang terkenal selama ini akan kuliner khas Sinjai adalah aneka ikan bakar beserta cumi dan udangnya. Namun masih ada cita rasa kuliner khas yang unik dan rasanya juara. Adalah racci, atau lebih dikenal dengan kerang laut. Daging dari kerang laut inilah yang menjadi bahan baku racci dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Racci ini merupakan makanan khas warga Pulau Sembilan. Namun makanan ini agak gampang-gampang susah ditemukan. Bahan makanan ini tak selalu tersedia karena bermusim kemunculannya.

Kerang laut tersebut diolah menjadi laha’ racci. Laha’ racci memiliki cita rasa pedas dan kecut. Dijamin mampu menggoyang lidah para penikmatnya. Di daerah lain laha’ dikenal dengan nama lawa. Kata laha’ hanya ada di Sinjai. Jadi makanan ini tidak akan bisa kita temukan di daerah lain tapi mungkin dengan nama yang berbeda seperti lawa’ bale (ikan) atau lawa’ mairo. Namun laha’ racci hanya ada di Pulau Sembilan. Dahulu, jika ingin mencicipi laha’ racci hanya bisa mendapatinya di Pulau Sembilan, namun kini sudah ada warung makan Nainra di Lappa yang menyediakan menu laha’ Racci.

Nasu’ Cukka

Makanan yang satu ini bahan dasarnya adalah ayam kampung dan cuka tuak aren. Ayam kampungnya dimasak bersama dengan cuka tuak aren dan bumbu-bumbu lainnya. Konon katanya masakan ini biasa dikomsumsi oleh para penikmat minuman alkohol tradisional sebagai pendamping di saat mereka berpesta tuak.

Tetapi makin ke sini, makanan ini menjadi kuliner unik yang ada di Sinjai. Rasanya kecut dan pedas. Sensasi rasanya lain dari yang lain. Pun aromanya membuat selera makan bertambah. Paling nikmat disajikan dengan nasi hangat. Ajip pokoke! Tidak susah untuk menemukan kuliner unik yang satu ini. Sudah ada warung makan yang menyediakannya sebagai menu andalan mereka.

So, tunggu apalagi? Penasaran dengan cita rasa kuliner unik Sinjai? #AyoKeSinjai. twink*

 

About Ira Puspita

Check Also

MozKopdar: Berbuka Puasa Bareng Mozillians di Sinjai

Sebuah pesan di kotak messenger yang datang dari Rara, mengabarkan kalau mulai awal bulan Juni …

4 comments

  1. paling enak tawwa yang nasi cukka. pernah coba sekali waktu ke sinjai tahun lalu.
    sayangnya tidak pernah yang jual ginian di makassar.

  2. Iih baru saya tahu tentang 3 akanan ini. Unik sekali dih. Kalau dari Sinjai yang saya tahu keripik2nya ji. Ada istrinya sepupuku suka kasih oleh2 keripik dari Sinjai 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − ten =