Home / Kuliner / Mencicipi Jajanan Singapura

Mencicipi Jajanan Singapura

Mengunjungi suatu tempat, hal pertama yang selalu dicari adalah  jajanan khasnya dan menikmati wisata kulinernya. Meski trip kali ini bukan hanya sekadar jalan-jalan tapi sebisa mungkin untuk mencuri-curi waktu menjajal jajanannya. Sebagai tukang makan dan tukang jajan, momen seperti ini tentunya tidak akan dilewatkan begitu saja. Makanan khas di Singapura banyak dipengaruhi oleh cita rasa melayu, Indonesia, China, India dan Arab. Karena banyaknya pendatang yang membawa ciri khas masing-masing dan meleburnya menjadi satu. Tak heran jika Singapura itu memiliki keragaman cita rasa masakan.

Nah, makan apa saja selama 4 hari di Singapura?

Jajan Nasi Briyani di Chinatown

nasi briyani

Menjelang sore sesaat kami tiba di hostel dan baru menyadari kalau belum sempat makan siang sejak tiba di Singapura. Hostel kami berada di kawasan Chinatown. Chinatown terkenal dengan surga kuliner tetapi bagi yang muslim harus super hati-hati memilih. Mata harus jeli dan jangan ragu untuk bertanya soal kehalalan makanan yang menjadi target. Entah berapa kali saya mengitari food court tetapi belum juga menentukan pilihan padahal perut sudah tidak bisa diajak kompromi. Akhirnya saya jatuhkan pilihan di kedai India dan memilih nasi briyani sebagai pengganjal perut. Alhamdullilah kenyang dan nasi briyaninya enak.

Mencoba Steambot di Bugis Street

Sebenarnya kami sudah kenyang tapi berhubung acara makan malam di steambot ini merupakan bagian dari acara dari Fossasia, jadi mau nda mau wajib untuk ikut.

steambotSteambot adalah sejenis peganan mentah yang disajikan di meja beserta kompornya dan diolah sendiri oleh kita sebagai pengunjung resto tersebut. Makanan ini berasal dari China dan sudah populer di kawasan Asia. Singapura salah satunya. Resto-resto steambot sangat mudah ditemukan. Nah kalau di Jakarta dan Bandung, semacam hanamasa.

Lagi-lagi jika ingin menikmati steambot ini mesti harus hati-hati untuk yang muslim. Jangan sampai salah mengambil daging. Karna ada beberapa peganan yang masuk label “harom”.

Untuk kuahnya ada beberapa pilihan. Di meja saya memilih kuah tom yam dan kaldu ayam. Saya mencoba kuah tom yam yang rasanya segar. Dan hanya memasukkan daging ayam, aneka  seafood serta sayuran. Di steambot ini sistemnya “all you can eat” jadi sebanyak apapun yang kamu makan, bayarannya tetap sama. Dan jangan lupa basmalah sebelum makan yah.

Menikmati Sensasi Es Potong Singapore

espotongIni adalah jajanan paling top di antara semua jajanan yang sudah saya coba selama di Singapura. Selain murah rasanya juga enak dan efek nagihnya luar biasa. Es krim dengan aneka rasa yang lezat ini sangat mudah ditemui di pinggir jalan. Sebut saja Orchad Road. Gerobak-gerobaknya terparkir di sepanjang jalan. Cara menikmatinya juga beragam, bisa dengan melahapnya langsung dari cone atau mengkombinasinya dengan roti atau wafer. Saya sangat merekomendasikan rasa durian. Semua kembali ke soal selera sih. Yang pasti belumlah lengkap ke Singapura jika belum mencicipi es potongnya. Slurpppp!

Fish Obanyaki

fishcakePeganan satu ini bentuknya terbilang unik. Jadi ingat doraemon hihihi. Hanya bisa ditemui di area jajanan di Takashimaya Mall lantai dasar. Rasanya agak mirip dengan dorayaki. Saya memilih yang isinya keju dan rasanya wow….endes banget. Ada sedikit rasa sesal karena hanya membeli satu buah saja.

Garret Popcorn

IMG_20150316_103608

Saya juga baru tahu kalo popcorn yang satu ini rasanya emang beda dari popcorn yang biasa dijual di Indonesia.Sewaktu Rara merekomendasikannya, saya tidak terlalu ambil peduli. Tapi penasaran juga. Akhirnya saya membeli yang bungkusan kecil saja dan memilih rasa keju.  Pertama kali mencicipinya rasa kejunya sangat berasa. Ternyata saya tidak salah memilih varian rasanya. Keju memang selalu top.

Menikmati Murtabak Rusa Zam-Zam’s

Martabak telor berisi daging sapi atau ayam adalah hal yang biasa di Indonesia. Di Singapura ada jajanan martabak yang rasanya enak dan belum ada di Indonesia.  Tak jauh di seberang Masjid Sultan Singapura di situ ada resto Zam Zam’s yang menjual makanan India. Di resto ini martabak isi daging rusa dapat dipesan, selain itu juga tersedia daging sapi dan kambing. Saya penasaran dengan isi daging rusanya dan ternyata memang jajanan ini layak direkomendasikan. Hadeuh berasa jadi host acara kulineran 😉

20150315_203007

Masakan India tentunya khas dengan rempah. Nah keistimewaan rasa rempah serta ukuran martabaknya yang besar dan tebal yang membuat martabak Zam-Zam’s ini laris manis. Sewaktu saya dan rombongan ke sana, restonya ramai dan beruntung kami masih mendapatkan meja *lapiler*

Popiah yang Mirip Lumpia

20150315_191105

Sekilas peganan satu ini mirip dengan lumpia. Makanan yang satu ini berisikan sayuran, buncis, dan kacang. Popiah menjadi jajanan food street paling populer di Singapura. Rasanya….enyak enyak enyak.

Menghabiskan Sisa Dollar di Mustafa Center.

Hari terakhir di Singapura disempatkan dengan membeli ole-ole di Mustafa Center.  Tidaklah afdol rasanya jika tidak sekalian berwisata kuliner jajanan India. Dengan sisa-sisa dollar yang ada di kantong ternyata masih bisa ditukar dengan jajanan India yang mengenyangkan. Roti Canai dan secangkir teh tarik. Hmmmm yummy…

roticane

Wah ternyata panjang juga list kulineran yang sudah dicicipi. Lumayan menambah berat badan….arghhhh *bantingtimbangan*

About Ira Puspita

Check Also

#KaltimTrip-2016: Mendadak ke Balikpapan

Pada akhirnya saya menapakkan kaki di Balikpapan. Ini kota kedua yang saya kunjungi di Borneo …

13 comments

  1. Ada yang kurang tuh 😀

  2. Yang makanan india di little india, trus popiah itu isinya kacang dan rebung. Ndak pake daging 😀

  3. wiiiihh kaaaaaakk ngileerrr…
    pengennya cobain semua haha
    btw kak sudahq cek email?
    ada sudah sy ubahkanq header ta itu 😀

  4. Makanan yang sangat mengoda iman banget nih, dan pengen mencoba langsung ke sana

  5. enak-enak semua kayaknya keliatan dari fotonya. bekalin satu untuk dibawa ke Indonesia yah

  6. Ice Cream Uncle! Itu paporiiit

  7. Hmmm … jadi ngiler, kenapa saya bukanya siang2 di’ 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + fourteen =